Unknown

Membuat Range/Blok Sel

Pada saat bekerja menggunakan Excel, kita tidak hanya bekerja dalam satu sel saja.Terkadang, anda akan bekerja dalam grup/kumpulan sel. Misalnya saja bila anda inginmerubah jenis huruf beberapa kolom dan (atau) baris, ingin merubah rumus beberapakolom dan (atau baris), copy-paste atau mendelete data beberapa kolom dan(atau) baris,dll. Dalam kondisi2 seperti ini, anda dapat menggunakan range/blok sel ini untuk memudahkan kerja anda.Range dinamakan menurut alamat sel di ujung kiri atas sampai ujung kanan bawah.Sebagai caontoh, range dari sel B2 sampai E7 dituliskan sebagai range B2:E7. 
(lihatGambar 3).


Gambar3. Tampilan Range B2:E7

Range/blok sel dapat dibuat dengan beberapa cara :
Membuat Range Menggunakan Tombol Shifta.

Tempatkan penunjuk sel awal range/bagian awal sel yang ingin diblok, yaitu B2(lihat Gambar 3). b.

Sambil menekan Shift, tekan tombol anak panah sampai sel tujuan, yaitu E7
Membuat Range Menggunakan Mouse**a.

Klik sel yang merupakan sel awal range, yaitu B2. Pointer/penunjuk mouse harus barada dalam keadaan tanda plus warna putih (tunjuk ke dalam sel, bukan tepisel). (lihat Gambar 3). b.

Sambil tetap menekan klik kiri mouse, gerakkan mouse (drag) ke sel tujuan, yaitusel E7.
Membuat Kolom atau BarisSuatu kolom atau baris dapat disorot dengan mengklik huruf kolom atau nomor barisyang anda inginkan. Misalnya cukup klik huruf kolom B bilai ingin menyorot seluruhkolom B.
Menyorot Sederetan Kolom atau BarisUntuk menyorot sederetan kolom (misalnya B, C, D) atau sederetan baris (misalnya3, 4, 5) dapat dilakukan dengan mengikuti langkah berikut ini :a.

Klik di huruf kolom atau di nomor baris awal (di contoh ini adalah B atau 3) b.

Sambil tetap menekan tombol mouse kiri, geserlah(drag) pointer(penunjuk)mouse hingga menyorot seluruh baris itu (di contoh ini adalah D atau 5).


Gambar4. Menyorot Sederetan Kolom


0 Responses

Posting Komentar