desi siannturi

MS EXCEL



1. Definisi Microsoft Excel
Microsoft Excel (MS Excel) adalah sebuah program yang terdapat dalam paket Microsoft Office yang digunakan untuk memanipulasi lembar kerja elektronis. MS Excel banyak digunakan dalam pengelolaan informasi terutama data yang bertipe numerik (angka) untuk penghitungan, proyeksi, analisis, presentasi, pembuatan lembar kerja, grafik, dan manajemen database. Sampai saat ini, MS Excel merupakan salah satu aplikasi spreadsheet yang paling diminati, baik dari segi kemampuan, kemudahan, dan fleksibilitasnya.

2. Fungsi Microsoft Excel
1. Kalkulasi, dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.
2. Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
3. Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan Apengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula.
4. Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
5. Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.
7. Dapat anda gunakan dalam mempermudah sebuah pekerjaan, sebelumnya anda harus mengetahui beberapa simbol dan beberapa keterangan yang digunakan dalam penulisan sebuah fungsi dari MS Excel.



  3. Cara Mengelolah Worksheet
Secara teknis, sebuah dokumen excel biasa disebut dengan workbook (buku kerja). Sebuah workbook umumnya memiliki beberapa worksheet (buku kerja). Secara default sebuah workbook Excel memiliki 3 buah worksheet. Setiap worksheet biasanya mewakili sebuah halaman dokumen. Beberapa dokumen/worksheet yang saling berhubungan dapat anda kelompokkan menjadi sebuah workbook. Hal ini dapat membantu anda mengklasifikasikan dokumen sesuai dengan keperluan.
Sebuah worksheet memiliki tampilan sama seperti table dalam Ms.Word, tetapi dengan kemampuan perhitungan yang lebih komplit dibandingkan kemampuan dari table Ms.Word. Sebuah workbook baru terdiri dari 3 buah worksheet yang diberi nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Ketika anda menekan tab worksheet, Excel akan menampilkan isi dari Worksheet yang bersangkutan.

a.      Beberapa menu untuk mengelola Worksheet
Ketika kita mengarahkan pointer dengan menggunakan mouse ke penunjuk nama Worksheet tertentu, kemudian kita klik kanan, maka akan muncul beberapa menu seperti tampak pada gambar berikut. Manfaat masing-masing menu tersebut adalah:

     Insert                           untuk menyisipkan WorkSheet baru.
Delete                         : untuk menghapus WorkSheet yang dipilih.
Rename                       : untuk memberi nama/ mengganti nama WorkSheet yang dipilih
Move or Copy         : untuk menyalin dan memindah WorkSheet pada file yang sama,   file   berbeda yang sedang aktif, atau file baru.
    Select All Sheets           : memilih semua WorkSheet.
    Tab Color                     : untuk memberi warna pada Sheet yang dipilih.

Untuk mengubah posisi suatu Worksheet diantara Worksheet yang lain dapat dilakukan sebagai berikut. Klik kiri pada Worksheet yang ingin Anda ubah posisinya dan jangan dilepas, kemudian Anda drag (geser) pada posisi yang Anda inginkan.


Cara Menambahkan Worksheet
Cara 1 :
Tekan tab Insert Worksheet yang terletak disebelah kanan Sheet3.
Cara 2  :
Tekan tombol Shift+F11 pada keyboard.
Cara 3:
  • Klik kanan pada salah satu tab worksheet
  • Pilih Insert
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih Worksheet
  • Klik OK.
Cara Mengganti Nama Worksheet

Cara 1:
Klik kanan tab worksheet yang akan diganti namanya
Pilih Rename.
Ketikkan nama baru.
Cara 2:
Klik 2 kali tab worksheet yang akan diganti namanya
Ketikkan nama baru

Cara Menghapus Worksheet
Klik kanan tab worksheet yang akan dihapus
Pilih Delete

Cara Menggeser Tab Sheet
Cara 1:
Jika letak sheet tidak urut,kamu dapat menggeser letak tab sheet nyadengan mendrag – drop tab sheet ke posisi nya.

 
0 Responses

Poskan Komentar