Unknown

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Ms Excel 2007

Jika anda sering berkerja dengan Ms Excel 2007 untuk perkerjaan kantor anda, tentu anda sudah mengenal fungsi Vlookup, fungsi yang disediakan oleh Ms Excel ini punya kemampuan dalam mempermudah pencarian nilai dalam sebuah index. Walaupun sederhana fungsi ini akan sangat terasa manfaatnya saat digunakan dalam pengolahan data yang banyak. Berikut ini adalah ulasan singkat tentang fungsi Vlookup pada Ms Excel 2007.

Penjelasan Fungsi Vlookup

Secara umum fungsi Vlookup merupakan fungsi yang me-looks up atau mencari nilai data di sebuah kolom pada lookup tabel yang kemudian menempatkan nilai itu di kolom lain. Lookup table yang digunakan disini diatur secara vertikal (itulah mengapa di sebut “V” lookup yang berarti vertikal).
Rumusan umum fungsi Vlookup dituliskan sebagai:
Vlookup(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
lookup_value: nilai yang akan dicari pada kolom pertama dari tabel lookup
table_array: range data yang berisi tabel lookup
col_index_num: nilai kolom dalam tabel dimana niali yang dicocokkan ditempatkan
range_lookup: merupakan bagian tambahan, jika nilainya TRUE maka nilai yang cocok akan dipilih, jika tidak ada nilai yang cocok maka nilai terbesar yang lebih kecil dari nilai lookup_value yang dipilih. jika nilainya FALSE, Vlookup akan mencari nilai eksaknya. dan jika Vlookup tidak menemukan nilai eksak maka fungsi akan terisi nilai #N/A.
catatan: jika range_lookup nilainya TRUE atau dibiarkan kosong, maka kolom pertama dari table lookup haruslah tersusun secara urut dan sebaliknya jika nilainya FALSE
Tips: jika lookup_value nilainya berupa teks, maka anda dapat menggunakan karakter tambahan * dan ?.

Contoh Penggunaan Fungsi Vlookup pada Ms Excel 2007

Perhatikan gambar dibawah ini
fungsi vlookup excel 2007
berdasarkan gambar terdapat data nama barang dan stok, pada contoh fungsi Vlookup ini kita akan mencari jumlah stok barang A-5, tentunya menggunakan fungsi Vlookup untuk mencarinya.
fungsi vlookup ms excel 2007
Maka yang harus anda lakukan adalah menentukan dimana sel mana fungsi ini anda tempatkan misalkan kita tempatkan di sel E13. Kemudian tuliskan rumus fungsi
=VLOOKUP(A6,A2:B11,2,FALSE)
di sel E13 tadi, maka nilai yang diperoleh adalah 23, yaitu jumlah stok barang A-5.

Penjelasan Fungsi Vlookup dari Contoh

Berdasarkan contoh diatas akan kita bahas penggunaan fungsi lookup VLOOKUP(A6,A2:B11,2,FALSE), yang pertama yang harus diperhatikan dalam menuliskan rumus ini adalah argumen VLOOKUP nya sendiri sebagai pengenal fungsinya, kemudian
lookup_value: yang pada contoh bernilai A6, A6 ini adalah nilai yang akan kita cari pada lookup tabel yang ditentukan.
table_array: pada contoh bernilai A2:B11 yang menandakan tabel lookup terdiri dari sel-sel antara A2 sampai B11.
col_index_num: pada contoh bernilai 2, yang berarti kolom tempat nilai yang akan dicari adalah kolom ke-2 dari tabel lookup yang ditentukan sebelumnya
range_lookup: bernilai FALSE karena data pada kolom 2 tabel lookup tidak tersusun secara urut.
Unknown

Menuliskan dan Memformat teks dan paragraf

Pengetikan teks dimulai dari titik sisip (titik iterasi). Titik sisip dapat dilihat dari garis hitam yang berkedip di dalam halaman dokumen. Dalam mengetikkan teks, penekanan tombol Enter pada keyboard akan membuat paragraf baru. ntuk membuat hasil yang maksimal, maka diperlukan pemformatan karakter, seperti menentukan jenis huruf, tipe huruf, ukuran huruf, de-el-el.
Pemformatan karakter dapat diterapkan sebelum ataupun sesudah pengetikan.
Klik menu Format -> Font untuk melakukan pemformatan sehingga muncul kotak dialog Font seperti berikut :


keterangan :
Font: untuk menentukan jenis huruf yang digunakan.
Font Style: menentukan tipe huruf, yaitu Regular (biasa), Italic (miring), Bold (tebal), dan Bold Italic (tebal dan miring).
Size: menentukan ukuran huruf.
Font Color: menentukan warna huruf.
Effects: untuk membuat efek-efek yang akan diterapkan pada teks.
Preview: menampilkan contoh hasil pengaturan format teks.
Selain pemformatan huruf, juga ada pengaturan paragraf. Perataan paragraf ada empat macam, yaitu rata kiri, rata tengah, rata kanan, dan rata kiri kanan.
Contoh penggunaan perataan paragraf:
Rata kiri
Rata tengah
Rata kanan
Rata kiri kanan (justified)
Pengaturan spasi baris adalah pengaturan jarak antar baris di dalam paragraf. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan tombol Line Spacing.
Contoh penggunaan line spacing single dan line spacing double
Menyisipkan tabulasi juga sering digunakan dalam membuat dokumen. Contoh penggunaannya seperti :

contoh-tab
Cara paling mudah dalam menggunakan tabulasi adalah dengan memposisikan pointer pada Ruler kemudian klik pointer sehingga muncul simbol tabulasi. Untuk menghapus tabulasi, seret simbol tabulasi keluar Ruler. Ada lima alignment yang dapat dipilih, yaitu Left, Center, Right, Decimal dan Bar.